Look at !!

Selasa, 07 Agustus 2012

Berapa Lama Sebelum Tidur Berhenti Makan?

Ini adalah pertanyaan yang umum dan banyak yang memperoleh jawaban yang salah atau mengerti dengan cara yang salah. Jawaban-jawaban yang mungkin pernah anda dengar adalah, “jangan makan apapun setelah jam 6 malam”, “jangan makan karbohidrat sama sekali setelah gelap”, “anda tidak memproses apapun ketika tidur, jadi semuanya akan menjadi lemak” atau yang lainnya.

Nutrisi yang tepat dibutuhkan sepanjang hari, dan makan malam termasuk didalamnya. Anda seharusnya makan setiap 2-4 jam untuk menjaga metabolisme anda tetap tinggi dan menjaga lapisan otot anda. Tidak makan sekali saja akan tidak baik untuk metabolisme anda dan juga kesehatan dan tujuan fitness. Entah anda berusaha untuk membentuk otot ataupun mengurangi lemak, anda tidak bisa langsung mengurangi lemak dengan tidak makan dan anda juga tidak bisa membentuk otot dengan tidak makan malam.

Jadi, mengapa seseorang tidak makan malam? Ada beberapa kemungkinan yang biasa ditemui disini. Kebanyakan dari kita begitu menginginkan tubuh dengan lemak yang rendah sampai-sampai mengorbankan banyak hal termasuk tidak makan malam. Mungkin anda bisa lebih cepat kehilangan berat badan, tapi sebenarnya itu tidaklah sehat dan nantinya akan segera kembali karena kesehatan yang menurun. Coba anda simak yang ini. Misalnya makan terakhir anda adalah jam 6 sore, kemudian tidur jam 10:30 dan bangun jam 7 pagi kemudian makan pagi jam 7.30. Berarti anda tidak makan selama 13,5 jam dan tubuh anda pasti kelaparan saat itu! Ketika tubuh anda memperoleh masalah kelaparan maka otomatis tubuh anda akan mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk mengatasi kelaparan dengan cara menumpuk lemak. Jadi makanan anda yang dimakan pagi-pagi bisa menjadi lemak karena lamanya anda tidak makan.

Nah, anda sekarang pasti sudah mengerti pentingnya makan malam, tapi sekarang jangan langsung berhenti membaca karena makan malam penting bukan berarti sembarang jenis makanan yang penting dimakan. Ini satu jebakan lagi yang bisa membuat orang-orang kebingungan dengan pola makan dan kegemukan mereka. Karena itu disini diberi tuntuanan makanan yang boleh dan tidak.

1.    Sudah jelas makanan yang mengandung gula tidak perlu dikonsumsi.
2.    Berikutnya adalah makanan berlemak tinggi seperti fast food.
3.    Berfokuslah pada makanan yang lambat dicerna dan menyehatkan, misalnya kasein protein, keju rendah lemak, whey protein.
4.    Untuk karbohidrat yang sehat, makanlah sayur-sayur hijau seperti bayam, brokoli atau sawi. Sayur hijau lainnya juga bagus, tapi ingat untuk menghindari kentang atau umbi-umbian lainnya.
5.    Kuncinya, jangan berlebihan. Walaupun yang disarankan diatas itu menyehatkan tapi jika berlebihan juga akan tidak baik.
6.    Minumlah air untuk membantu rasa kenyang.

Berapa lama sebelum tidur kita sebaiknya makan? Akan bervariasi antar orang, tapi sebagai patokan bisa berkisar 90 menit sebelumnya.

Sumber: akubugar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar