Look at !!

Selasa, 07 Agustus 2012

Menurunkan Berat Badan vs Membuat Six Pack


Ini artikel yang cukup spesifik sebenarnya. Mungkin belum pernah (atau mungkin juga pernah tapi pasti jarang anda temukan) anda baca mengenai ini.
Menurunkan Berat Badan
Ketika kita menginginkan untuk menurunkan berat badan, kebanyakan kita memulainya dari berat badan yang cukup tinggi. Kadar lemak yang cukup tinggi, mungkin sekitar 30%-40%, inilah yang perlu kita lakukan, yaitu menurunkan berat badan.

Membuat Six Pack
Ini adalah fase lain dari fitness, pada saat ini kita memulainya dengan tubuh yang sudah sesuai berat badannya. Hanya saja mungkin garis otot masih tidak terlalu jelas terlihat pada saat ini. Pada saat ini persentase lemak sudah sekitar 20%.

Apa yang Membedakan?
Yah, sebenarnya keduanya sama-sama menyingkirkan lemak yang ada ditubuh. Hanya saja ada perbedaan mendasar disini. Pada saat kita mempunyai lemak yang banyak, akan lebih mudah untuk menguranginya dibandingkan saat kita sudah mempunyai sedikit lemak saja. Selain itu, sebenarnya yang menutupi six pack dan guratan otot lainnya sebenarnya bukan hanya lemak, tapi juga lapisan garam. Karena itu ada usaha yang lebih lagi yang harus dilakukan untuk memperoleh six pack.

Tipe Makanan dan Latihan untuk Menurunkan Berat Badan
Ketika anda ingin menurunkan berat badan, maka yang perlu dilakukan adalah mengatur pola makan anda. Makan yang sering dengan porsi yang sedikit (ini pasti sudah sering anda baca, jika anda mengikuti AkuBugar.com).
Makanlah makanan yang minim lemak dan tidak terlalu banyak karbohidrat. Cara yang termudah sebenarnya adalah dengan memperbanyak makan sayur-sayuran. Sayuran akan memberikan karbohidrat kompleks dan serat untuk mengikat lemak.
Hindari jenis-jenis makanan yang menggabungkan lemak dan karbohidrat, contohnya nasi goreng, mie goreng, atau nasi lemak.

Lakukan latihan sebagian kardio dan sebagian lagi angkat beban. Jenis-jenis kardio yang bagus adalah HIIT, berenang, bersepeda. Tetapi yang perlu anda perhatikan adalah jika anda masih terlalu gemuk, hindari terlebih dulu latihan HIIT atau lari cepat dan mulailah dari jogging atau lari santai karena ada resiko beban yang berat pada lutut anda. Latihan kardio ini akan bagus anda lakukan pada pagi hari.
Kemudian latihan angkat beban untuk membuat otot anda lebih besar sehingga saat anda tidurpun akan lebih banyak otot yang membakar lemak anda. Lakukan latihan angkat beban yang melatih semua bagian otot anda. Jangan lupakan otot kaki karena otot kaki adalah bagian otot terbesar dari tubuh anda yang tentunya juga mempunyai peranan paling besar untuk membakar lemak anda.

Tipe Makanan dan Latihan untuk Membentuk Six Pack
Pada bagian ini berarti anda akan melakukan usaha yang lebih dari usaha untuk menurunkan berat badan. Seperti yang sebelumnya dikatakan bahwa untuk membentuk six pack dan guratan otot anda lainnya maka yang perlu dilakukan selain menjaga pola makan dari lemak dan karbohidrat berlebih, juga perlu menjaga tubuh anda dari mengonsumsi garam berlebih.
Tipsnya untuk ini adalah berhati-hati saat makan diluar. Karena makanan diluar saat ini cukup banyak garam didalamnya. Saya tidak melarang anda untuk makan diluar tentunya. Hanya batasi. Itu saja.
Lalu latihan yang bagus untuk dilakukan dalam membentuk six pack adalah kardio dan angkat beban yang mirip seperti kardio. Maksudnya adalah latihan dengan jenis seperti Circuit Training akan membantu membakar lemak dan mengeluarkan kandungan garam lebih banyak juga dari tubuh anda.
Yang Perlu Diketahui

Yah disini ada beberapa tips untuk anda ketahui:
1. Jika anda masih memiliki banyak lemak, jangan memaksakan diri anda untuk langsung mengikuti pola membentuk six pack. Karena hal yang terlalu berat kadang bisa membuat seseorang patah semangat. Bayang
2. Berusahalah lebih keras jika anda ingin lebih maju dari bertubuh cukup bagus menjadi bertubuh ideal.
Salam Bugar!


Sumber : akubugar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar