Look at !!

Kamis, 19 Juli 2012

Gizi Dalam Sepotong Sushi

Gizi Dalam Sepotong SushiSushi, makanan asal Jepang ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Meskipun banyak disukai, namun banyak juga yang ragu-ragu mengkonsumsi sushi karena sebagian besar  bahan-bahannya terbuat dari bahan mentah. Agar Anda tidak ragu lagi dalam mengkonsumsi sushi, berikut ini adalah beberapa catatan mengenai kandungan gizi dalam sushi:

Salmon atau TunaKedua jenis ikan ini adalah jenis ikan yang paling populer sebagai pengisi sushi. Dalam situs l-men.com disebutkan bahwa pada 100 gram daging tuna atau salmon segar mengandung 22 gram protein dan kandungan omega-3 yang tinggi. 


Nori (Rumput Laut)Nori yang biasanya digunakan sebagai pembungkus sushi jenis sushi roll, memiliki kandungan nutrisi penting seperti protein, yodium, kalsium, zat besi, dan kaya serat. 


WasabiBeberapa orang tidak menyukai wasabi karena rasanya yang pedas di mulut. Namun sebenarnya, wasabi mengandung antioksidan isothiocyanate seperti brokoli yang berkhasiat mencegah kanker. Tak perlu menyantapnya dalam jumlah banyak, cukup sejumput, Anda sudah dapat merasakan manfaatnya.


TobikoTobiko adalah telur ikan terbang. Ukurannya mungil, bervariasi antara 0.5 mm - 0.8 mm. Biasanya tobiko berwarna merah atau oranye, bertekstur renyah dan memiliki rasa gurih.
Tobiko mentah memiliki gizi yang tinggi karena kaya vitamin, protein dan omega-3. Kandungan kolesterolnya sebenarnya juga cukup tinggi, namun masih dalam batas aman jika mengkonsumsinya sekitar satu sendok teh per hari.

Sushi yang terbuat dalam makanan laut mentah membuat makanan ini cepat membusuk. Karena itu sebaiknya sushi yang sudah dihidangkan segera disantap. Dengan pengolahan dan pemilihan bahan-bahan yang tepat, sushi adalah makanan ringan yang menyehatkan. Jadi, tak perlu takut lagi mengkonsumsi sushi



Sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar