Look at !!

Selasa, 26 Juni 2012

Glutamine: Asam Amino Peningkat Daya Tahan Anda



Infeksi, luka bakar, latihan berat, dan faktor lain penyebab tubuh menjadi stres dapat menurunkan kadar glutamine dalam tubuh. Semakin tinggi tingkat stres Anda makin cepat pula kadar glutamine berkurang.
Apalagi saat Anda membatasi asupan kalori. Tubuh Anda mungkin saja tidak dapat mensintesis glutamine secara cepat. Para ahli meyakini bahwa tubuh menggunakan glutamine pertama kali untuk menutrisi otak dan bagian tubuh yang lain.
Jika terdapat sisa dari proses tersebut maka tubuh akan menggunakannya untuk membangun otot dan menjaga sistem daya tahan tubuh. Di situlah suplementasi glutamine diperlukan agar kadar glutamine tubuh tetap terjaga, sehingga semua manfaatnya bagi tubuh dapat kita nikmati dengan optimal.
Nah, apa sajakah manfaat yang diberikan glutamine bagi tubuh Anda? Simak penjelasannya berikut ini!
Meningkatkan Hormon Pertumbuhan
Studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa hormon pertumbuhan meningkat sebesar 440 persen setelah menggunakan suplementasi glutamine. Hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energi.
Studi yang dilakukan di Louisiana State University Medical College memberikan 2 gram glutamine kepada 9 atlet sehat pada pagi hari, 45 menit setelah sarapan. Hasilnya, hormon pertumbuhan mereka meningkat hingga 440 persen 90 menit setelah mengonsumsi suplemen glutamine.
Mengurangi Asam Laktat
Saat berlatih, tubuh membakar glukosa dan glikogen sebagai sumber energi. Proses ini menghasilkan asam laktat yang dapat membuat otot bersifat asam, yang akhirnya membuat tubuh menjadi lelah dan tidak bertenaga. Glutamine memainkan peran penting dalam menyeimbangkan kadar asam laktat tubuh dengan cara menghasilkan ion bikarbonat yang dapat menetralisir asam laktat, sehingga Anda dapat berlatih lebih lama dan mendapatkan hasil maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar